Selamat datang di website KIM Swaraguna Surabaya:One Stop Information About Gunung Anyar Area.............. Selamat HUT TNI Ke 69 Bersama Rakyat TNI Kuat(Gunakan Gogle Chrome Untuk Tampilan Yang Lebih Maksimal)

Sabtu, 30 Maret 2013

Membayar Listrik dengan Sampah di Bank Sampah Bintang




PT PLN (Persero) Distribusi Jatim membuat terobosan baru. Pembayaran listrik yang biasanya menggunakan uang, sekarang bisa menggunakan sampah. Cara ini cukup unik, dan banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di kelurahan Gunung Anyar Tambak yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan.
Lebih jauh Arkad Matulu,Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN ( Persero) Area Distribusi Jatim  menjelaskan, selama ini PLN Dist Jatim memang membina Bank Sampah Bintang Mangrove yang berada di kawasan bibir pantai wilayah Kelurahan Gunung Anyar Tambak. “Masyarakat setempat dapat menabung di Bank Sampah dari hasil menjual sampah botol plastik, yang kemudian tabungannya bisa digunakan untuk membayar listrik di Bank Sampah, yang juga menyediakan loket pembayaran listrik,” terangnya.
Tentu saja sampah-sampah yang diterima di Bank Sampah tidak sembarang sampah. Hanya sampah-sampah plastik dan sampah yang bisa didaur ulang. “Jadi yang bisa membayar rekening listrik dengan sampah ya para nasabah di bank sampah binaan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur,” tukasnya.

Arkad Matulu menjelaskan, program bank sampah ini merupakan bagian dari CSR PLN. “Kami masuk ke kawasan mangrove ini sejak 2010. Tapi bank sampah binaan kami ini baru dibangun 2012 lalu. Awalnya kami masuk kesini untuk penanaman pohon mangrove. Saat penanaman ke laut, kami melihat banyak sampah di sepanjang perjalanan naik perahu. Akhirnya kami membangun bank sampah ini,” paparnya.
Untuk yang benar-benar baru membangun bank sampah, PLN membantu pembangunan tempat, dan memberikan kendaraan dengan anggaran total perkiraan sekitar Rp50 juta. Kalau yang sudah ada tempatnya, PLN memberikan bantuan pelatihan.
“Kepada bank sampah-bank sampah binaan kami, kami memberikan pendampingan sampai bisa tumbuh dan bisa berproduksi bahan daur ulang,” tandasnya.

Dan ternyata, keberadaan bank sampah ini membawa dampak positif. Tak hanya air sungai yang bersih, nasabah (baca: anggota) bank sampah bisa mendapatkan uang dari penjualan sampah plastik yang dikumpulkannya. Bahkan, rumah tangga yang memiliki sampah plastik dan menjualnya ke bank sampah Bintang Mangrove, bisa mendapatkan nilai ekonomi. (KIM Swaraguna Surabaya)

0 comments:

Poskan Komentar